Tips Memilih Casing Sebelum Membeli

Pengertian Casing sendiri adalah tempat atau wadah untuk merangkai komponen yang dibutuhkan komputer seperti Motherboard, Power Supply, serta peripheral lainnya. Serta casing juga berfungsi untuk melindungi semua komponen itu tadi.

FUNGSI CASING

1. Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja
2. Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal seperti motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.
3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang pun, menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu dalam CPU.
4. Casing PC yang juga amat penting adalah sebagai tempat dudukan tombol-tombol maupun lampu-lampu
5. Casing juga punya tugas penting yaitu sebagai “kediaman” power supply yang memberikan tenaga untuk semua komponen.

Casing sendiri dibagi dua yaitu casing dekstop dan casing tower, dan keduanya berbeda bentuk. Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm. Umumnya casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk harddisk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu. Sedangkan cassing tower Umumnya komputer 80486 ke atas menggunakan casing tower, selain memakan sedikit tempat sebagai pijakan, ruangan di dalam casing komputer lebih luas, sehingga suhu dalam casing komputer tidak cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari: Mini Tower dan Midle Tower.

Saat memilih casing usahakan jangan melihat dari bentuk atau desain yang bagus saja. Namun perhatikan berbagai aspek seperti ukuran yang pas dangan banyaknya kompunen yang akan ada dalam casing anda. Karena jika cassing terlalu sesak maka sirkulasi suhu dari dalam cassing akan tambah panas, dan jika panas maka hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja komputer anda. alangkah baiknya anda memilih yang agak besar sehingga didalam casing tidak terlalu padat.

Pastikan juga casing yang anda pilih memiliki banyak lubang sirkulasi, seperti yang saya katakan tadi bahwa sirkulasi suhu didalam casing sangatlah penting. Namun usahakan  sirkulasinya juga tidak berlebihan, pastikan cukup untuk membuat udara didalam casing berganti dengan udara yang dari luar. Karena jika lubang sirkulasi terlalu banyak juga bisa membuat banyak kotoran seperti debu mudah masuk kedalam cassing. Jika sudah begitu maka debu akan masuk dan mengtori perangkat keras yang ada dalam casing.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di uncategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan Untuk Keperluan Perbaikan Blog Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s